Sebagai seorang webmaster, memahami segala hal yang berkaitan dengan dunia website adalah sebuah keharusan. Baik itu aturan standarisasi hingga perkembangan (tren) yang ada. Untuk memulai segalanya, mengetahui (X)HTML jawabannya.

XHTML? Apa dan Kenapa

1. Apa itu XHTML?

XHTML merupakan singkatan dari Extensible Hypertext Markup Language. XHTML adalah standarisasi terkini dari World Wide Web Consortium untuk menampilkan sebuah dokumen website. (X)HTML bukan sebuah bahasa pemograman tetapi sebagai bahasa penanda (markup language). Bahasa penanda sendiri adalah sekumpulan dari tag-tag, dan (X)HTML sendiri menerjemahkan tag-tag tersebut untuk menampilkan sebuah dokumen web (Halaman Web).

2. Kenapa harus XHTML?

Alasan utama kenapa harus menggunakan XHTML adalah standarisasi. Sejak tahun 2000 W3C merekomendasikan XHTML sebagai standar dalam membuat sebuah Halaman Web, dan akan digunakan dalam perkembangan selanjutnya di masa depan. XHTML juga sangat identik dengan HTML, hanya saja XHTML menerapkan aturan yang cukup ketat dalam syntax-nya yang akan menghasilkan kode-kode yang sangat rapi. Dan yang terakhir, XHTML berfungsi dengan baik disemua Browser-Browser.

Sebelum Belajar XHTML

Pada bagian sebelumnya sudah saya katakan bahwa XHTML itu identik dengan HTML. Jadi sebelum belajar tentang XHTML, anda harus mempelajari HTML terlebih dahulu. Saya tidak akan membahas HTML di sini, karena sudah cukup banyak artikel berbahasa Indonesia yang membahas tentang HTML. Berikut 8 link Belajar HTML yang saya sarankan :

  1. Belajar HTML oleh Masim man

    Screenshot Belajar HTML - Masim Man

    Membahas HTML, CSS, dan Javascript secara detail. Sebuah website wajib kunjung bagi yang baru mau belajar website.

  2. Pemograman Web oleh Hans Media.

    Screenshot Belajar HTML - Hans Media

    Ditulis oleh Hanriyawan, seorang dosen di Politeknik Negeri Padang. Terstruktur dan cukup mudah dimengerti.

  3. Tutorial HTML oleh Prothelon.com

    Screenshot Belajar HTML - prothelon.com

    Tutorial yang ditulis di website prothelon.com ini, disertai dengan sejumlah contoh latihan.

  4. The Bare Bones Guide to HTML – Kevin Werbach (diterjemahkan oleh Kristianto Jahja)

    Screenshot Belajar HTML - Kevin Werbach

    Panduan ringkas HTML 3 yang ditulis oleh Kevin Werbach yang diterjemahkan oleh Kristianto Jahja.

  5. Belajar Membuat Website oleh buatsite.co.nr

    Screenshot Belajar HTML - buatsite.co.nr

    Styling Halaman yang minim membuat website ini mudah diakses, terutama bagi anda yang mempunyai koneksi internet yang lambat.

  6. Tutorial Web oleh Komunitas Programmer Indonesia

    Screenshot Belajar HTML - web.pemrograman.web.id

    Pengenalan HTML, HTML5, dan CSS yang sangat bagus dan disertai dengan Editor HTML Online.

  7. Belajar Dasar-Dasar HTML/CSS oleh Indam

    Screenshot Belajar HTML - margasatrya.com

    Pembahasan yang sangat bagus untuk pemula. Salah satu link yang saya sarankan.

  8. Belajar HTML untuk Pemula oleh gudanginfo.web.id

    Screenshot Belajar HTML - gudanginfo.web.id

    Penulisan secara berkala membuat pembahasan HTML di situs ini menjadi layak untuk dikunjungi.

Sebagian dari link Belajar HTML yang ada sebelumnya sudah membahas sedikit mengenai text-editor. Text-Editor merupakan sebuah Software pembantu dalam membuah sebuah dokumen HTML. Oleh karena itu disini saya mencoba untuk memberikan referensi 4 text-editor terbaik (menurut saya tentunya) disertai dengan review pendek tentang text-editor tersebut. Berikut pembahasan-nya :

  1. Notepad++

    Screenshot Notepad Plus Plus

    Text-editor berbasis Windows yang cukup terkenal dalam dunia Programming. Lisensi GNU/GPL (Open-Source) mungkin menjadi salah satu alasan kenapa text-editor ini menjadi cukup populer. Ukuran yang kecil, Bisa-Portable, Pewarnaan Syntax (Syntax Highlighting), Mendukung banyak Bahasa Pemograman, dan Multi-Bahasa. Notepad++ juga bisa digunakan dalam Bahasa Indonesia. Saya sangat menyarankan anda menggunakan text-editor ini.

  2. Netbeans IDE

    Screenshot Netbeans IDE

    Netbeans IDE merupakan produk dari Oracle yang berlisensi GNU/GPL (Open-Source), dan dibuat menggunakan JAVA. Salah satu keunggulan yang dimiliknya adalah Auto-Completion (Pembenaran Syntax secara Otomatis) seperti IDE yang lain pada umumnya. Anda juga dapat memilih opsi Editor yang akan anda download, sesuai dengan Bahasa Pemograman yang anda inginkan ataukah memilih Full Editor yang mendukung banyak Bahasa Pemograman.

  3. ViM – Vi Improved

    Gambar: Screenshot ViM

    Text-editor yang paling populer di dunia pemograman. Editor ini merupakan pengembangan terbaru dari editor konsol legendaris pada Unix yaitu Vi. Kelebihan dari editor ini adalah penggunaan memori yang sangat rendah karena editor ini berjalan di shell, ada yang mengatakan bahwa mengedit 100 file di Vim sama dengan mengedit 1 file di Netbeans, yap sangat ringan. Kekurangannya adalah sangat sulit mempelajari editor ini, khususnya untuk pemula seperti saya.

  4. Sublime Text 2

    Gambar: Screenshot SublimeText

    Editor text ini sedang populer dalam dunia pemograman. Singkatnya, ringan dan mudah digunakan. Sayangnya editor ini memiliki harga yang cukup mahal. Anda harus mengeluarkan uang sebanyak $70 untuk membeli lisensi dari editor ini. Namun dapat mendownloadnya sebagai trial seumur hidup. Salah satu keunggulan dari editor ini adalah ringan, mudah digunakan, dan memiliki banyak plugin yang banyak membantu pada programmer.

Semua text-editor diatas adalah Freeware alias Gratisan. Anda juga bisa menggunakan Editor lain yang familiar menurut anda, karna kenyamanan coding tiap orang berbeda-beda. Yang terpenting dalam memilih editor adalah bagaimana kita menggunakan-nya dan manfaat yang akan didapatkan dari menggunakan-nya. Rekomendasi dari saya adalah Notepad++, Sublime Text 2 untuk pemula, dan Vim untuk tingkat lanjut.

Jika anda baru mempelajari pemograman, gunakan text-editor yang menggunakan pewarnaan syntax (syntax highlighting) dan tanpa fitur auto-completion. Tanpa auto-completion perlahan-lahan akan menguatkan ingatan kita terhadap syntax, dan sedikit melatih analisis dalam coding. Sebaliknya, jika anda adalah seorang programmer profesional yang berprinsip “waktu adalah uang”, maka gunakan text-editor yang profesional. Walaupun anda akan merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli text-editor tersebut.

Saya membagi tulisan ini dalam 2 bagian. Pada bagian ini hanya sebagai pengantar saja. Di bagian berikutnya, kita akan mempelajari XHTML lebih lanjut. Jadi, siapakan Editor-mu.

Jika ada tanggapan, kritik, saran, maupun pertanyaan tentang artikel ini, silahkan meninggalkan komentar anda. Silahkan menginput email anda pada form di bawah ini untuk menerima update jurnal terbaru dari saya. :)

Spread the Word

  • Farhan

    Artikel yang cukup bagus untuk pemula.

    Trima kasih :)

  • Hai Novrian, tutorial yang bagus.
    Saya tunggu episode berikutnya.
    saya lebih suka pakai sublimetext, alasannya ringan dan sangat powerfull dengan didukung banyak plugin.