Feed, RSS, ataupun Atom? Jika anda belum mengetahui atau belum pernah menggunakannya, maka artikel ini sangat membantu anda. Artikel ini akan membahas mengenai definisi Feed, RSS, dan Atom hingga bagaimana cara memaksimalkan penggunaannya dalam dunia Internet. Tidak lupa juga, ada sedikit petunjuk untuk teman-teman Web Desainer / Web Developer bagaimana format RSS/Atom bekerja.

Apa itu Feed?

Feed jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti memberi sesuatu. Feed adalah format data yang digunakan untuk memberi tahu user (pengunjung) bahwa sebuah web tersebut telah mengupdate kontennya. Istilah feed juga mempunyai sebutan lain seperti Web Feed, News Feed.

Pola umum dari penggunaan Feed pada website adalah website memberikan link pada user untuk berlangganan feed (Subscribe), dan kemudian user tersebut dapat mengumpulkan banyak link Web Feed tersebut dalam sebuah Feed Reader. Feed Reader sendiri adalah sebuah aplikasi yang dapat mengolah Web Feed, baik itu aplikasi berbasis Web maupun aplikasi berbasis Desktop.

Founder majalahweb.comPermana Jayanta memberikan ilustrasi yang sangat komunikatif mengenai cara kerja Web Feed, berikut penjelasannya :

Ilustrasi: Cara lama dalam Browsing di Internet

Dengan cara lama, user ngecek konten terbaru pada situs-situs favoritnya dengan mengunjungi alamatnya masing-masing. Ilustrasinya, jika sebuah user memiliki situs favorit seperti Indonesia Kreatif, Makassar Tidak Kasar, Harian Fajar, Detik.com, dan Harian Kompas. User tersebut harus ngecek ke situs favoritnya apakah ada konten baru atau belum. Oleh karena itu perlu ada sebuah cara untuk user maupun pemilik situs dalam pemberitahuan update konten terbaru dalam sebuah situs. Mohon maaf jangan tersinggung, saya yakin beberapa dari anda masih menggunakan cara ini (termasuk saya beberapa bulan yang lalu :p).

Ilustrasi: Cara baru dalam Browsing di Internet

Nah sejak munculnya Web Feed, user hanya memanfaatkan Link Feed yang disediakan oleh situs tersebut dan kemudian berlangganan (subscribe) update konten dari situs tersebut. Jika terdapat konten terbaru dari situs bersangkutan, maka secara otomatis dia akan mengirim format tersebut (RSS atau Atom) ke Feed Reader dari semua pelanggan-pelanggannya (subscriber). Jika anda memaksimalkan cara ini, maka yakinlah anda akan merasa memiliki koran digital dengan informasi yang anda sukai.

Ilustrasi: Web Feed memungkinkan sinkronisasi antar Perangkat

Terakhir, salah satu keunggulan dari menggunakan Web Feed ialah mendukung sinkronisasi dengan perangkat-perangkat digital lainnya seperti Laptop / Notebook, Smartphone, iPod, dan lain-lain.

RSS dan Atom

Secara umum Web Feed menggunakan format XML hingga hari ini. Dan format Web Feed yang paling banyak digunakan saat ini adalah RSS dan Atom. Disini saya akan membahas format-format tersebut.

  1. RSS

    Saya yakin anda-anda yang sering browsing di Internet sudah mengenal istilah ini. Awalnya RSS adalah singkatan dari RDF Site Summary atau Rich Site Summary, tetapi hari ini dunia internet lebih cenderung menyebutnya sebagai Really Simple Syndication.

    Ide ini pertama dicetuskan oleh Ramanathan V. Guha pada saat mengembangkan Meta Content Framework di Apple Computer’s Advanced Technology Group pada tahun 1995. Dan pada tahun 1999, Dan Libby dan Ramanathan V. Guha meluncurkan versi pertama dari RDF Site Summary melalui web portal my.nestcape.com. Versi pertama dari RSS ini lazimnya dinamakan RSS 0.9. Format RSS yang paling terbaru pada saat ini adalah format RSS 2.0 yang diluncurkan oleh Dave Winer pada tahun 2002. Salah satu kelebihan dari RSS 2.0 adalah mendukung Podcasting. Podcast bisa dikatakan konten-konten multimedia, seperti audio, video, dan lain-lain. Jadi format RSS 2.0 memungkinkan untuk melampirkan (attach) sebuah media.

  2. Atom

    Atom merupakan format web feed yang diciptakan dengan tujuan sebagai alternatif dari RSS. Seperti yang dikatakan oleh Benjamin Trott di blog Six Apart, bahwa RSS mempunyai beberapa keterbatasan dan kekurangan seperti kurangnya inovasi dan cenderung tidak compatible dengan versi-versi sebelumnya.

    Sam Ruby membuat proyek diskusi publik yang membahas tentang format web feed untuk menutupi kekurangan-kekurangan dari format RSS 2.0. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat format web feed yang mendukung semua vendor, diimplementasikan oleh semua orang, gratis, dan terspesifikasi dengan baik dan benar. Dalam waktu cepat, proyek ini mendapat banyak dukungan. Sebut saja Six Apart, LiveJournal, Blogger, Yahoo, O’Reilly Network, Creative Commons hingga Dave Winer yang notabene adalah figur penting dalam pengembangan RSS. Tetapi kurangnya penentu kebijakan pada saat itu membuat proyek ini galau akan nama. Sebelum orang menyebutnya dengan Atom, dulunya proyek ini bernama PEAW

    Pada tahun 2004, ketika format Atom sudah berada pada versi 1.0, Atom memulai untuk menjadikannya sebagai standarisasi format web feed internasional dengan bekerja sama dengan lembaga-lembaga standarisasi seperti W3C, dan IETF. Namun hingga saat ini belum diketahui apakah statusnya sudah menjadi standarisasi atau belum. Let’s wait!

Feed Reader

Dalam dunia internet, Feed Reader juga disebut sebagai News Reader, News Aggregator, ataupun RSS Reader. Feed Reader adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menerima dan mengelola Web Feed. Aplikasinya pun beragam jenisnya, mulai dari yang berbasis Web, Desktop, E-mail, hingga Plugin tambahan yang bisa digunakan pada browser dan software tertentu. Total dari Feed Reader yang diketahui saat ini berjumlah puluhan, bahkan ratusan. Disini saya hanya akan membahas beberapa Feed Reader saja, dan hanya yang berbasis Web dan Desktop.

  1. Web-based Feed Readers

    Web-based Feed Readers adalah Feed Reader yang berbasis pada web, dimana pengelolaan Web Feed dilakukan pada situs-situs penyedia layanan ini. Berikut 4 Feed Reader berbasis web yang saya sarankan :

    1. Google Reader

      Gambar: Screenshot Google Reader

      Jika anda sebelumnya sudah memiliki akun Google, baik itu GMail, Youtube, Google+, dan lain-lain maka Google Reader sudah siap untuk anda gunakan. Sebaliknya jika belum punya, maka anda harus registrasi dulu.

    2. My Yahoo!

      Gambar: Screenshot My Yahoo!

      Sama seperti Google Reader, My Yahoo! juga bisa anda gunakan jika sudah memilik akun Yahoo. Saya yakin beberapa dari anda menggunakan Yahoo Indonesia untuk alamat e-mail, jadi mestinya ini menjadi pilihan yang tepat buat anda.

    3. Bloglines

      Gambar: Screenshot Bloglines

      Feed Reader yang satu ini juga cukup populer di Amerika. Fitur Bloglines Local nya yang memungkinkan user untuk memilih feed favorit yang berada di kota mereka masing-masing, tapi sayangnya hanya kota-kota di Amerika saja yang support dengan fitur ini.

    4. Netvibes

      Gambar: Screenshot Netvibes

      Layanan Feed Reader yang cukup populer di Amerika sana. Interface yang cukup interaktif dan memperbolehkan kita mengelola widget-widget yang ada. Memiliki fitur premium yang dikhususkan untuk kalangan Profesional.

  2. Desktop-based Feed Readers

    Desktop-based Feed Readers adalah Feed Reader yang merupakan aplikasi standalone pada desktop. Jadi anda tinggal menjalankan aplikasi ini melalui desktop anda untuk melakukan pengelolaan Web Feed anda. Berikut 4 Feed Reader berbasis desktop yang saya sarankan :

    1. FeedDemon

      Gambar: Screenshot FeedDemon

      Inilah Feed Reader yang saya gunakan saat ini. Interfacenya simple dan cukup mudah untuk digunakan, cocok untuk anda yang membutuhkan informasi yang berskala kecil.

    2. Feedreader

      Gambar: Screenshot Feedreader

      Feedreader dirilis di sekitaran tahun 2001, menjadikan Feed Reader ini menjadi salah satu yang tertua. Interfacenya cukup simple dan mudah untuk dimengerti.

    3. RSSOwl

      Gambar: Screenshot RSSOwl

      RSSOwl adalah aplikasi Feed Reader yang berlisensi Open-Source (GNU). Memiliki fitur tambahan seperti penerjemahan, pencarian web dengan keyword feed, dan lain-lain.

    4. Blogbridge

      Gambar: Screenshot Blogbridge

      Menurut beberapa referensi yang saya temukan di Internet, feed reader berbasis desktop inilah yang cukup populer. Aplikasi ini memang dirancang khusus untuk Jurnalis, makanya fitur yang ditawarkan cukup banyak.

  3. Review Singkat Feed Reader di atas

    Berikut ini adalah Review singkat dari saya mengenai perbandingan aplikasi-aplikasi Feed Reader yang saya sebutkan sebelumnya. Review ini berupa tabel perbandingan fitur-fitur aplikasi diatas, dan tabel tersebut saya golongkan sesuai dengan jenis aplikasinya.

    Web-based Feed Readers

    Fitur Google Reader My Yahoo! Bloglines Netvibes
    Harga Gratis Gratis Gratis Gratis
    Tambah Feed (Subscription) Ya Ya Ya Ya
    Sharing Feed Ya Tidak Tidak Ya
    Kirim Feed via E-Mail Ya Ya Ya Ya
    Tambah Tag ke Feed Ya Tidak Tidak Tidak
    Flag, Star, Clip Ya Tidak Tidak Tidak
    Mark Unread Feed Ya Tidak Ya Ya
    Feed berdasarkan Tanggal Ya Ya Ya Ya
    Cari Feed berdasarkan keywords Ya Tidak Tidak Tidak
    Format Feed RSS, Atom RSS, Atom RSS, Atom RSS, Atom
    Mobile Phone Ya Ya Ya Ya

    Desktop-based Feed Readers

    Fitur FeedDemon Feed Reader RSS Owl Blog Bridge
    Harga Gratis Gratis Gratis Gratis
    Sistem Operasi Windows Windows Linux, Mac, Win Linux, Mac, Win
    Sinkronisasi Google Reader Tidak Ada Google Reader Blogbridge
    Tambah Feed (Subscription) Ya Ya Ya Ya
    Sharing Feed Ya Tidak Ya Tidak
    Kirim Feed via E-Mail Ya Ya Ya Ya
    Tambah Tag ke Feed Ya Ya Ya Ya
    Flag, Star, Clip Ya Ya Tidak Ya
    Mark Unread Feed Ya Ya Ya Ya
    Feed berdasarkan Tanggal Ya Ya Ya Ya
    Shortcut Keyboard Ya Ya Ya Ya
    Cari Feed Ya Ya Ya Ya
    Format Feed RSS, Atom RSS, Atom RSS, Atom RSS, Atom

Kesimpulan

Setelah membaca tulisan ini saya harap teman-teman sudah mengerti tentang Web Feed. Beberapa hari kedepan saya akan melanjutkan tulisan ini dengan mengajarkan kepada teman-teman tentang bagaimana memanfaatkan Feed Reader di atas. Dan khusus untuk teman-teman Web Developer / Web Desainer (newbie seperti saya ), nantinya saya menulis tentang format XML dari RSS dan Atom. So, I hope I got the mood ;)

Jika ada tanggapan, kritik, saran, maupun pertanyaan tentang artikel ini, silahkan meninggalkan komentar anda. Silahkan menginput email anda pada form di bawah ini untuk menerima update jurnal terbaru dari saya. :)

Spread the Word